Energi Alternatif Baru – Turbin Angin Terobosan Terbaru

Nafiul Mualimin*

Bagi para pecinta energi alternatif pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya turbin angin atau bahasa yang lebih mudahnya kincir angin. Yang memanfaatkan energi angin untuk memutar kincir atau turbin, sehingga menghasilkan energi, lalu energinya akan disimpan sebagai energi listrik. Tapi teknologi ini merupakan teknologi tradisional, dari semenjak lama diterapkan oleh manusia, dan banyak sekali kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh teknologi turbin angin ini, diantaranya sangat bising karena turbin berputar, sangat mengganggu manusia yang ada disekitar, sehingga penggunaan turbin ini harus diletakkan ditempat yang lapang (anginnya kencang) dan juga aman. Selain itu, turbin angin bisa mengganggu habitat burung untuk terbang, bayangkan apabila ada burung yang terbang disekitar turbin. Selain itu, putarannya juga bisa mengganggu sinyal radio dan tv.

Lalu, bagaimana solusinya ?

Saphon Energy dari Tunisia menemukan sebuah solusi dengan inovasinya yang telah dipatenkan yaitu The Zero Blade Technology. Ya, turbin angin ini tidak perlu menggunakan baling-baling yang berputar sehingga tidak mengakibatkan dampak negatif seperti yang saya sebutkan diatas.

Mereka mendapatkan inspirasi tersebut dari sistem layar kapal yang digunakan oleh para nelayan, yaitu menggunakan energi kinetik angin menjadi energi mekanik untuk menggerakkan perahu. Dengan tidak menggunakan baling-baling yang berputar, bisa meng-efisienkan energi angin untuk dijadikan energi listrik.

Teknologi ini mengganti baling-baling dengan menggunakan sail-shaped (semacam piringan lempengan berbentuk parabola) dan both-hub dan gearbox yang ada pada turbin angin dihilangkan. Lalu menggunakan piston, teknologi ini merubah energi kinetik menjadi energi mekanik, dan langsun dirubah menjadi energi listrik melalui motor hidrolik dan generator. Karena ke-aerodinamis dari teknologi ini, gaya tarik menjadi kekuatan pendorong dari sistem.

Teknologi ini sedang dikembangkan lagi, untuk diproduksi masal dan juga akan diterapkan diseluruh dunia, sebagai teknologi energi alternatif. Teman-teman bisa mengunjungi langsung saphon energi di http://www.saphonenergy.com/. berikut video yang akan menjelaskan sedikit tentang teknologi ini:

*Mahasiswa Teknik Elektro Angkatan 2010 – Universitas Islam Indonesia

About nafi

Panggil saja Piul. :) Lahir 5 Juni 1992, di kota Tegal dari rahim seorang Ibu yang sangat cantik seperti bidadari, yang selalu dilindungi oleh seorang ayah yang hebat layaknya Malaikat dalam hidupku. Nafiul Mualimin sebagai nama dan doa yang mereka berikan padaku... Kata an-Nafi (asmaul husna - yang memberi manfaat) dan Mualim (orang mukmin yang berilmu). Menjadi orang yang bermanfaat dalam ilmu merupakan tujuan saya hidup didunia ini !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s