Berubahnya Status Swasta (PTS) UPN ke Negeri (PTN)

UPN “Veteran” Jawa Timur tinggal menunggu keputusan dari Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengenai perubahan status UPN dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Draft usulan keputusan bersama telah dikirim ke Kemendiknas oleh Kementrian Pertahanan (Kemhan) pertengahan Februari lalu. Jika telah disepakati, Menteri Pertahanan dan Menteri Pendidikan Nasional akan bertemu untuk penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) mengenai perubahan status tersebut.

“Kalau dari Internal Kemhan, sudah tidak ada masalah. Sekarang tinggal menunggu persetujuan dari Kemendiknas. Secara formal harus dijawab oleh Depdiknas. Namun secara lisan, Insya Allah Kemendiknas sudah mersetui,” ujar Teguh Soedarto (Rektor UPN “Veteran” Jatim). Teguh tidak bisa memastikan kapan pemberitahuan penandatanganan SKB dari Kemendiknas karena rapat konsolidasi antar departemen membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tim Penilai dari Kemendiknas akan datang untuk menilai kelayakan UPN menjadi PTN. Beberapa hal yang akan menjadi penilaian adalah perkembangan IPK kelulusan, sistem administrasi dan registrasi kampus, kurikulum pendidikan serta kegiatan belajar mengajar dalam kelas. Sebagai persiapan, UPN berupaya memperbaiki pelayanan, diantaranya penataan laboratorium dan kelas, peningkatan kualitas dosen dan berbagai persiapan lainnya.

Tidak hanya UPN “Veteran” Jawa Timur, UPN “Veteran” Jakarta dan UPN “Veteran” Jogja juga sedang mempersiapkan untuk menjadi PTN. UPN akan menganut sistem yang diterapkan IAIN. Saat ini, IAIN berada di bawah naungan Departemen Agama dan Depdiknas. Nantinya, UPN akan berada di bawah naungan Dephan dan Depdiknas. Jika status UPN sudah berubah menjadi PTN, Teguh menyatakan bahwa mahasiswa lama juga akan mengikuti sistem baru yang diberlakukan.

Sumber : http://www.pers-upn.com

About nafi

Panggil saja Piul. :) Lahir 5 Juni 1992, di kota Tegal dari rahim seorang Ibu yang sangat cantik seperti bidadari, yang selalu dilindungi oleh seorang ayah yang hebat layaknya Malaikat dalam hidupku. Nafiul Mualimin sebagai nama dan doa yang mereka berikan padaku... Kata an-Nafi (asmaul husna - yang memberi manfaat) dan Mualim (orang mukmin yang berilmu). Menjadi orang yang bermanfaat dalam ilmu merupakan tujuan saya hidup didunia ini !

3 thoughts on “Berubahnya Status Swasta (PTS) UPN ke Negeri (PTN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s