Materi Sosialisasi KOMBES 2011/2012

Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar teman-teman kombes, sekalian. Semoga kabar baik, selalu menyertai kalian. Sehubungan dengan diadakannya kegiatas sosialisasi perguruan tinggi di Sekolah-sekolah Brebes Selatan, maka disini akan dijelaskan materi yang akan disampaikan pada saat kegiatan sosialisasi.

Materi yang akan disampaikan disini adalah,

1. Sekilas tentang KOMBES,
2. Sekilas tentang Kegiatan Sosialisasi KOMBES,
3. Sekilas tentang Yogyakarta,
4. Sekilas tentang Pariwisata dan Perguruan Tinggi di Yogyakarta,
5. Sekilas memberikan motivasi, arahan untuk mengambil jurusan di Perguruan Tinggi Yogyakarta.

Kami akan memberikan sedikit materi yang harus disampaikan pada saat sosialisasi.

1. Tentang KOMBES

Mahasiswa merupakan agen perubahan, yang sangat berperan untuk meningkatkan SDM dan memajukan SDA yang ada di daerah Brebes itu sendiri. Kegelisahan kawan-kawan ditingkatkan birokrasi daerah yang hari ini menjadi kegelisahan yang komplek, porsi dan partisipasi yang diberikan masih sangat minim. Kota Brebes yang merupakan kota yang maju dan luas, masih belum mampu untuk mengakomodir dan menampung aspirasi dari elemen-elemen mahasiswa dan kaum intelektual lainnya, khususnya mahasiswa dan kaum intelektual muda Brebes Selatan. Maka dari ini semua kita atas nama KOMUNITAS KELUARGA MAHASISWA DAN PELAJAR BREBES SELATAN (KOMBES) mampu untuk menampung aspirasi dan mengakomodir semua elemen bangsa yang ada disektor selatan, dan sebagai agen perubahan Kota Brebes.
Adapun visi dan misi yang di berikan oleh Kombes, antara lain :

Visi :
Menciptakan Generasi Muda yang Aktif, Kritis dan mempunyai kredibilitas tinggi, untuk memajukan Brebes Selatan.
Misi :
a. Menerapkan nilai-nilai Agama, Sosial, Budaya, pada generasi muda.
b. Menyiapkan generasi muda sebagai Agen of Change, dan Agen of Control, bagi masyarakat Brebes Selatan.
c. Memajukan Brebes Selatan dibidang Pendidikan, Olahraga, Kesenian, dan Budaya.

2. Sosialisasi Perguruan Tinggi KOMBES


Dengan melaui kegiatan ini, (Kombes) ingin memberikan wawasan tentang Pariwisata dan Perguruan Tinggi di Yogyakarta. Dimana para pelajar SMA, bisa mengetahui perguruan-perguruan Tinggi, Pariwisata, Budaya yang ada di Yogyakarta. Yogyakarta merupakan kota yang aman dan nyaman untuk belajar dan juga berwisata.
Disini Kombes bukan hanya memberikan, pengetahuan tentang Yogyakarta, khususnya tentang pariwisata dan perguruan tingginya. Terlebih, kombes memberikan fasilitas kepada para pelajar yang ingin mendaftar di perguruan-perguruan tinggi di Yogyakarta. Diantaranya adalah, membantu para pelajar dari sekolah-sekolah Brebes Selatan untuk mendaftar di Perguruan Tinggi yang ingin dituju, mulai dari cara pendaftaran, membantu proses pendaftaran, sampai membantu para pelajar menjadi mahasiswa di perguruan tinggi yang ingin dituju.

3. Tentang Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat Provinsi di Indonesia yang meliputi [Negara] Kesultanan Yogyakarta dan [Negara] Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki jumlah penduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2[5].
Penyebutan nomenklatur Daerah Istimewa Yogyakarta yang terlalu panjang menyebabkan sering terjadinya penyingkatan nomenkaltur menjadi DI Yogyakarta atau DIY. Daerah Istimewa ini sering diidentikkan dengan kota Yogyakarta sehingga secara kurang tepat disebut dengan Jogja, Yogya, Yogyakarta, Jogjakarta. Walaupun memiliki luas terkecil kedua setelah Provinsi DKI Jakarta, Daerah Istimewa ini terkenal di tingkat nasional dan internasional. Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi tempat tujuan wisata andalan setelah Provinsi Bali. Selain itu Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi daerah terparah akibat bencana gempa pada tanggal 27 Mei 2006 dan erupsi Gunung Merapi pada medio Oktober-November 2010. (id.wikipedia.com)
Di DIY sedikitnya ada sekitar 125 lebih perguruan tinggi, mulai dari yang negeri dan swasta. Pariwisata di Yogyakartapun tergolong sangat banyak, mulai dari pariwisata budaya, pariwisata alam (gunung, laut, dsb), dan tempat tongkrongan untuk sekedar melepas kebosanan, sangat banyak diYogyakarta.

4. Pariwisata dan Perguruan Tinggi Di Yogyakarta

Yogyakarta terkenal sebagai kota pendidikan, tapi tempat pariwisatanya tidak kalah banyak. Bahkan mendapatkan tempat kedua, setelah Pulai Dewata Bali. Pariwisata di Yogyakarta Mulai dari Pergunungan, di Yogyakarta terdapat Gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Merapi, kaliurang, yang menyediakan tempat pariwisata yang indah, seperti di KaliGua (Brebes Selatan), ada juga gunung Kidul yang memberikan keindahan pada saat malam hari, yang biasa dikenal sebagai Bukit Bintang, dari Kekayaan lautpun tidak kalah, mulai dari Pantai parangtritis, Pantai Baron, Pantai Indrayanti, dan masih banyak pantai-pantai yang berjajar, keindahannya pun tak kalah dengan pantai di Pulau Bali, Pasir putih, Kerang-kerang, dan suasana yang damai selalu menemani saat berlibur ke pantai di Yogyakarta. Dan yang paling terkenal, adalah Malioboro, yang merupakan pasar kaki lima, yang menjajakan daganga barang-barang tradidional yogykarta. Dan masih banyak lagi, mulai dari, Kebun Binatang Gembira Loka, Istana Air Taman Sari, Monumen Jogja Kembali, Museum Kraton Yogyakarta, Goa Selarong, Candinyapun tidak kalah terkenal, seperti canti Borobudur, Prambanan, Bongko, dan masih banyak tempat pariwisata lainnnya.

Dari sisi, Perguruan Tinggipun tak kalah banyak, dari Negeri terdapat UGM (Universitas Gadjah Mada), UNY (Universitas Negeri Yogykarta), UIN Suka (Universitas Islam Negeri – Sunan Kalijaga), ISI (Institut Seni Indonesia), bahkan kabarnya UPN Veteran (Universitas Pembangun Nasional) akan menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Dari swasta sangat banyak lebih dari seratus, mulai dari UII (yang merupakan Universitas Swasta Tertua di Indonesia), UMY, UAD, UPN, UPY, UTY, STIE YKNP, STEI Hamfara, Akademik dan Politeknik pun sangat banyak di Yogyakarta. Di Yogyakarta, sangat banyak sekali gerakan-gerakan, Komunitas-komunitas, Perkumpulan-Perkumpulan, dari pada Mahasiswa yang terdidik untuk memajukan Indonesia.

5. Arahan, Motivasi, dan juga Masukan


Pada saat kegiatan sosialisasi, kita juga memberikan Arahan kepada para pelajar, untuk menempuh pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, untuk menjadi mahasiswa, dan juga memberikan motivasi kepada mereka, untuk bersemangat dalam mencapai mimpi, dan juga cita-cita mereka, dengan menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya. Kita juga harus, memberikan masukan-masukan jurusan yang harus dipilih para calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi yogyakarta, kita memberikan pilihan-pilihan perguruan tinggi yang mempunyai masa depan, dan juga prospek kedepannya.
Setelah selesai memberikan materi diatas, kita masuk kedalam, sesi pertanyaan, dimana para pelajar, diminta untuk memberikan pertanyaan seputar Perguruan tinggi, Pariwisata, Pergaulan, Jurusan yang harus dipilih dan lain sebagainya yang ada di Yogyakarta.
Untuk memperlancar penyampaian materi sosialisasi ini, maka, insyaAllah akan diadakan kegiatan pelatihan, untuk menyampaikan bahan dan materi yang akan disampaikan pada saat sosialisasi. Dari Kombes, nanti akan mengabari teman-teman sekalian. (Nafiul M).
Wassalamualaikum wr. wb.

Download Materi dalam File PDF  dan juga presentasi sosialisasi :

Materi Sosialisasi

info kampus

About nafi

Panggil saja Piul. :) Lahir 5 Juni 1992, di kota Tegal dari rahim seorang Ibu yang sangat cantik seperti bidadari, yang selalu dilindungi oleh seorang ayah yang hebat layaknya Malaikat dalam hidupku. Nafiul Mualimin sebagai nama dan doa yang mereka berikan padaku... Kata an-Nafi (asmaul husna - yang memberi manfaat) dan Mualim (orang mukmin yang berilmu). Menjadi orang yang bermanfaat dalam ilmu merupakan tujuan saya hidup didunia ini !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s